Best Practice PJJ ke PTM disusun oleh Herlinda, S.Pd
Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi |
Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Sul-Sel |
Lingkup Pendidikan |
SDN 32 Mannagae |
Tujuan yang ingin dicapai |
Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik |
Penulis |
Herlinda, S.Pd |
Tahun ajaran 2020/2021 |
|
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
|
Peralihan
PJJ ke PTM membuat motivasi belajar peserta didik menurun, terjadinya loss
numerasi pada saat PJJ mengakibatkan banyak perubahan sikap pada peserta
didik yang berdampak pada |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
|
Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara gurum kepala sekolah dan pakar , maka beberapa tantangan yang terjadi adalah : 1.
Orang tua jarang ada di rumah karena sibuk bekerja Tantangan dari sisi peserta didik berdampak sekali pada proses pembelajaran di sekolah, adapun tantangan yang ada disekolah yaitu : Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara gurum kepala sekolah dan pakar , maka beberapa tantangan yang terjadi adalah : 1.
Orang tua jarang ada di rumah karena sibuk bekerja Tantangan dari sisi pesertadidik berdampak sekali pada proses pembelajaran di sekolah, adapun tantangan yang ada disekolah yaitu : antangan itu yang menyebabkan seseorang guru harus melewatinya dengan berbagai cara seperti memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik serta penggunaan model pembelajaran yang tepat sasaran.
|
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
|
Tantangan yang ada di hadapi harus segera diselesaikan dengan baik oleh seorang guru profesional, diantaranya yaitu : 1.
Berkaitan dengan media pembelajaran 2.
Berkaitan dengan model pembelajaran 3.
Berkaitan dengan penilaian
|
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
|
Dampak dari penerapan media berbasis TPACK yang diimpelemntasikan yaitu kontekstual serta dipadukan dengan model pembelajaran Problem Based Learning membantu peserta didik lebih bersemangat dan tidak cepat bosan dalam pembelajaran, karena pada saat pembelajaran peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok serta perkelompok berdiskusi dan mencari pemecahan masalah.
Dengan menggunakan model Problem Based Learning, peserta didik lebih termotivasi daripada menggunakan model pembelajaran konvensional terlihat dari indikator keaktifan peserta didik naik dari sebelum menggunakan model Problem Based Learning. |
Comments
Post a Comment